heroe

Kamis, 31 Januari 2013

Membaca Ayat-ayat Kauniyah (QS. Adz Dzariyat 20-21)

KURMA  ( Phoenik dactylifera )

Buah ini banyak memiliki zat-zat yang dibutuhkan tubuh manusia untuk stamina ( daya tahan tubuh ). Kurma memiliki 60 % Zat Gula, 2.5 % Zat Asam, 2.5 % Zat Minyak,  33 % Zat Garam, 1.8 – 2.0 % Protein, dll.
Susu dan Kurma adalah pasangan yang cocok karena berfungsi mengaktifkan alat pencernaan juga meningkatkan kinerja usus, artinya dengan makan Kurma kita bisa menghindari gangguan sakit perut dan diare, bahkan dengan mengkonsumsi susu + kurma setiap pagi ( sahur ) bisa menambah ketenangan jiwa ( dengan terpenuhinya gizi dalam tubuh dalam syara’ dengan istilah mendapat barokah dalam makanan ini ), mencegah pusing, menghilangkan lemah otot, malas dan meningkatkan gairah sex.

Kurma juga sangat baik dalam pertumbuhan otak pada Anak,  menajamkan pikiran / daya ingat sama halny dengan kismis.

Kenapa demikian? karena buah ini juga mengandung Zat Besi, Kapur, Fosfor, Belerang, Potasium, Magnesium, Kalsium, Magan dan Tembaga. Kandungan Kalsium dan Zat Besi membantu terbentuknya ASI bagi ibu-ibu menyusui dan Zat ini sangat bermanfaat bagi ibu rumah tangga yang masih lemah selepas melahirkan untuk memulihkan staminanya.


Kurma juga sangat membantu memacu pembentukan sel-sel darah, pertumbuhan gigi dan pertumbuhan sumsum tulang pada Anak pada masa pertumbuhan. Buah ini juga salah satu makanan yang berserat tinggi, serat yang dikandung mencapai 2.0 – 4.0 %, terutama terkandung pada kulitnya, jadi jangan buang kulit kurma ketika hendak memakannya karena sangat dibutuhkan tubuh kita zat yang terkandung didalamnya, terutama mencegah gangguan sakit perut dan diare / mencret.

Kurma sangat baik untuk tubuh, karena tidak mengandung kolesterol dan tidak mengandung gula yang membahayakan kesehatan, buah ini juga mengandung sedikit lemak itupun lemak tidak jenuh yang dibutuhkan tubuh.

Buah Arabia ini juga sumber potasium yang sanagt baik bahkan melebihi susu, yogurt dan makanan laut. Potesium dibutuhkan tubuh untuk sistim syaraf, bahkan buah ini juga dapat mencegah pembentukan batu ginjal dan bembekuan darah karena zat garam pada kurma seimbang dengan zat asam pada darah sehingga juga bisa meminimalisir adanya kangker darah.

Menurut ahli gizi IPB Drs. Hardinsyah MS., Kurma mengandung zat gizi nyaris lengkap dengan komposisi yang seimbang meskipun dalam kadar yang serba sedikit.

Kurma segar katanya, mengandung kadar air dan Vitamin lebih banyak diantaranya Vitamin A, B1, B2, C, D dan K tetapi rendah kandungan energi siap pakaiya sedang kurma tidak segar tinggi energi siap pakainya namun kandungan air dan Vitamin lebih rendah bahkan vitamin C-nya nyaris hilang.

Tapi mengkonsumsi berlebihan bisa menyebabkan sakit kepala bagi pengindap darah tinggi, sakit gigi dan kenaikan kadar gula dalam tubuh bagi pengindap penyakit gula ( tidak cocok bagi pengindap Diabetes ) karena buah ini kandungan Glukosanya mencapai 50 – 57 %.

MADU

Madu sangat banyak mengandung Nutrisi yaitu mengandung Vitamin C, Vitamin B2 ( riboflavin ), Vitamin B6 ( pirodoksin ), Vitamin E, dll.

Madu juga mengandung antibiotik berfungsi untuk membasmi kuman patogen penyebab Infeksi. Madu juga mudah diterima tubuh sehinga tidak menimbulkan iritasi pada pencernaan karena mudah dicerna. Madu juga dapat digunakan sebagai suplemen untuk pemulihan tenaga baru dengan waktu relatif singkat.

Madu juga zat pemanis yang paling mudah di terima ginjal karena Kadar dextrose dalam madu tergolong relatif rendah sehingga tidak menyebabkab kadar gula naik.

Tingkat konsumsi gula yang tinggi dan lemak berlebihan  serta penurunan konsumsi serat pada makanan merukakan factor penyabab penyakit  degerenatif kronis  seperti ; Obesitas , Diabetes , Hipertensi , dan Jantung Koroner .

Obesitas  biasa ditimbulkan karena gula yang berlebihan  walaupun lemak juga bias menyababklan Obesitas menurut penelitian kelebihan gula dapat meningkatkan berat badan  dua kali lipat disbanding mengkonsumsi lemak , gu;la berlebiha akan di timbun  didala tubuh  dalam bentuk lemak sehinga akibatnyapun  sam yaitu Obesitas.

Diabetes ditimbulkan dari tingginya mengkomsumsi kelebiha gula  , penyakit ini dimulai  dari gejala gejala yang kasat mata akibatnya penderita tidak sadar terserang  penyakit ini akibatnya  timbul komplikasi kronis dan akut.padahal Diabetes erat hubungannya  dengan komplikasi  dengan  Impotensi , Kebutaan , Gagal ginjal ,. Stroke , Serangan Jantung , amputansi bahkan penyakit syaraf. WHO merekomendasikan  konsumsi gula tambahan tidak melebihi 10 %  dari total  kalori harian. Artinya dengan rata rata  menosumsi kalori harian wanita Asia 1600 kali 10 %-nya adalah 160 kali . 1 Gr gula mengandung 4 kalori berarti untuk mencapai 160 kalori hanya berasal dari 40 Gr gula.

Padahal rata rata menu kita  sehari hari jauh diatas 40 Gr gula . untuk itu lebih bijaksana jika kita menkonsumsi gula  rendah kalori sebagai alternatif  dengan rasa manis yang sama.

KELAPA ( cocos mucifera )

Pohon kelapa adalah phon yang sangat unik dan ajaib mulai dari keberadaanya yang dapat tumbuh dimana saja sampai pemanfaatanya mulai dari pohon sampai daun semuanya manfaat bagi kehidupan manusia baik ketika muda atau setelah tua.

Bunga kelapa dapat menghasilkan Nira untuk membikin gula merah, Lugut batang kelapa yang masih muda digunakan untuk obat luka terkena senjata tajam / yang berguna menyumbt darah.

Air kelapa sering digunakan untuk campuran masakan bahkan sejak dahulu air ini digunakan untuk kesehatan / pengobatan seperti ; obat penawar racun, pencegah demam, pembasmi cacing perut, sekarang air kelapa digunakan untuk bahan baku pembuatan Kecap, Alkohol, minuman dalam kemasan, pembuatan sari kelapa, dll.

Sari kelapa merupakan makanandari senyawa seluiosa yang dihasilkan lewat fermentasi air kelapa oleh bakteri Acetobacter Xylinum. Sari kelapa sangat baik dikonsumsi disaat berbuka pusa, karena mengandung banyak serat ( Dietary Fiber ) yang sangat berperan dalam sistem pencernaan manusis. Selain itu sari kelapa membantu penyerapan zat makanan dan system metabolisme tubuh, buah ini juga tidak mengandung bahan pengawet, pemanis buatan, pewarna dan kolesterol serta menyimpan zat energi yang tinggi sehinggu orang – orang dahulu sebelum bepergian jauh sellu berbekal gula-kelapa yang diyakini akan menguatkan daya tubuh dalam menempuh perjalanan jauh.

PENCEGAHAN ALERGI DISEBABKAN OLEH SEAFOOD

Makanan Seafood seperti udang, kerang, kepiting, cumi/sotong, dll. Sering menimbulkan Alergi pada orang-orang tertentu. Jka kita kebetulan hobi makan seafood tetapi Alergi, dimana setelah makan biasanya kita akan terasa gatal-gatal, timbul bintik-bintik memerah pada kulit,dll. Jangan hawatir.

Ikuti langkah-langkah berikut, Ambil beberapa wortel, kupas kemudian parut / Blender ambil saringan dan perslah serta campur air secukupnya dengan hasil air perasan wortel tadi, kemudian rendamlah seafood yang sudah dibersihkan +  2 jam. Angkatlah kemudian tiriskan dan kukus. Maka seafood siap untuk kita masak sesuai selera. Insya Alloh kita akan terhindar dari Alergi disebabkan oleh seafood.

Demikian juga bau amis yang menyengat pada ikan terkadang orang tidak suka makan ikan karena mau amisnya sekalipun ikan tersebut sudah digoreng kering tapi bau amis masih menyengat. Gimana menghilangkannya ?

Ambil beberapa tomat matang, peras, beri sedikit air kemudian masukan ikan yang sudah dibersihkan biarkan beberapa waktu + 30 menit, angkat dan tiriskan maka ikan siap dimasak atau digoreng. Insya Alloh Ikan akan enak, berwarna kuning keemasan dan Hilang bau amisnya.
Selamat mencoba.

Wallohu A’alam Bishowab.



Daftar Pustaka :
  1. Tafsir Al Misbah Prof. Dr. Quraisy Syihab.
  2. Majalah Gontor Juni 2003 hal. 24.
  3. Majalah Kartini Okt – Nov 2004 hal. 156.
  4. Berbagai sumber buku-buku kesehatan. 

0 comments:

Posting Komentar